Wednesday, November 16, 2011

Kapan Penderita Diabetes Tipe 2 Butuh Insulin?


img
Penggunaan insulin biasanya dibutuhkan oleh orang dengan diabetes tipe 1. Tapi orang dengan diabetes tipe 2 juga ada yang membutuhkan insulin. Kapan insulin dibutuhkan?

"Tidak ada cara sederhana untuk mengetahui kapan seorang pasien dengan diabetes tipe 2 membutuhkan insulin sebagai pengobatan terbaiknya, tapi ada pedomannya," ujar Dr Richard Hellman, ahli endokrin yang juga mantan presiden dari American Association of Clinical Endocrinologists, seperti dikutip dari MSN.Health.

Dr Hellman menuturkan secara umum jika pasien memiliki kadar hemoglobin A1C yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang menggunakan insulin, maka disarankan ia menggunakan terapi insulin dalam perawatannya.

American Diabetes Association merekomendasikan nilai hemoglobin A1C sebaiknya 7 persen atau kurang, sedangkan American College of Endocrinology dan American Association of Clinical Endocrinologists merekomendasikan nilainya 6,5 persen atau kurang.

"Selain itu jika Anda tidak bisa menurunkan kadar A1C melalui cara diet, olahraga atau obat lain, maka Anda mungkin perlu insulin untuk menurunkannya," ujar Dr Hellman.

Namun, penggunaan insulin biasanya tidak direkomendasikan jika orang tersebut tidak mampu mengelola sesuatu dengan baik, memiliki keterbatasan dalam penglihatan dan ketangkasan serta tidak ada dukungan dari keluarga.

Hal ini karena tujuan dari penggunaan insulin adalah untuk meniru kinerja alami dari pankreas yang sehat dalam menghasilkan hormon yang konsisten serta untuk mengatasi gula darah yang terlalu rendah.

Sebelum menggunakan insulin, dokter akan mendiskusikan terlebih dahulu dengan pasien mengenai jadwal penyuntikan insulin, serta memilih tipe dari insulin yang akan digunakan.


Sumber : Detikhealth.com


 

No comments:

Post a Comment

 

Health Nutrition Copyright © 2012