Sunday, April 22, 2012

Tahukah Anda? Herbal Asli Makassar Dibikin Gel Vagina Anti Kanker Serviks


img
Parang Romang
Dukun-dukun tradisional di Makassar sejak lama menggunakan herbal Parang Romang sebagai obat kanker. Kini manfaatnya telah dibuktikan secara ilmiah, bahkan sudah dibuat menjadi gel anti kanker serviks untuk dioleskan di vagina.

Secara tradisional, Parang Romang (Boehmeria virgata Linn) diambil daunnya lalu direbus. Rebusan itu diminum untuk mengobati berbagai jenis kanker, khususnya kanker payudara meski kadang-kadang ada juga yang mengonsumsinya untuk mengobati kanker kandungan.

Berawal dari tradisi yang sudah turun temurun tersebut, manfaatnya mulai dibuktikan dengan sebuah penelitian. Penelitian yang dimulai sejak 2002 tersebut dilakukan oleh Prof Dr Rer Nat Hj Marianti Anggraeni Manggau, Apt dari Fakultas Farmasi Universitas Hassanudin Makassar.

Hasilnya menunjukkan, kandungan alkaloid yang terkandung dalam herbal tersebut mampu membuat sel-sel kanker menyusut ketika diujikan pada mencit. Mekanisme ini dinilai lebih menguntungkan daripada langsung merusak sel-sel kanker, sebab kadang-kadang sel-sel lain di sekitarnya ikut rusak.

Dalam penelitiannya, Prof Mariati juga melakukan modifikasi dari rebusan daun yang dipakai dalam praktik tradisional. Karena penggunaan secara oral atau diminum memicu lebih banyak efek samping, maka ia mengemasnya dalam bentuk gel yang bisa dioleskan langsung di vagina.

"Kalau diminum itu kan efeknya sistemik, efek sampingnya bisa lebih banyak. Kalau ini sifatnya lokal, hanya bekerja di tempat pengolesannya saja," jelas Prof Mariati pada wartawan seusai kick-off Ristek-Kalbe Science Award (RKSA) 2012 di Kementerian Riset dan Teknologi.

Diakui oleh Prof Mariati, penelitian ini memang belum tuntas karena baru duijikan pada mencit. Namun melihat efektivitasnya yang lumayan, ia pun terus mengembagnkan penelitian ini dan berharap tahun depan sudah bisa menguji gel vagina temuannya ini pada manusia dalam tahap uji klinis.


Sumber : Detikhealth.com


 

No comments:

Post a Comment

 

Health Nutrition Copyright © 2012